Muhdi Kurnianto

Beranda » Uncategorized » Tips Memilih Nama Merek

Tips Memilih Nama Merek

Kategori

Iklan

brandSahabat kali ini saya akan membahas tentang kiat dan strategi untuk memilih merek untuk bisnis anda. Ini saya tulis dari berbagai refrensi dan pengalaman pribadi dalam menentukan brand strategy. Nama merek yang tepat untuk sebuah produk atau perusahaan akan berperan besar dalam proses brand building. Tapi, memilih nama yang tepat bukan pekerjaan yang mudah. Bahkan perusahaan besar membuat divisi khusus, disivi manajemen brand untuk memastikan bahwa merek yang akan muncul dipasaran diterima oleh konsumen. Berikut sejumlah tipsnya :

1. Munculkan Karakter Khas dari Produk

Kesalahan terbesar yang sering dilakukan adalah membuat terlalu banyak diskripsi dalam nama merek. sebuah nama harusnya tidak berusaha untuk mengambarkan, tetapi punya kemampuan untuk memperlihankan esensi (karakter khas) dari sebuah produk. Supaya efektif, nama tersebut mestinya punya potensi. Nama yang terlalu singkat atau terlalu panjang tidak akan memiliki kemampuan branding yang efektif

2. Hindari “kumpulan Huruf/Angka”

Nama yang disusun dari huruf yang disingkat tidak akan mempunyai arti. Dia akan hilang ditelan kerumunan pasar dan memerlukan biaya yang sangat tinggi untuk promosi dan mengedukasi pasar. Kumpulan huruf juga akan menyulitkan konsumen dalam mengingat merek tersebut sehingga sulit menjadi “top of mind”.

3. Jangan Memilih Lewat Riset

Riset memang alat yang berharga untuk menguju nama-nama “pantangan” dalam masyarakat. Tapi, tidak seorangpun yang memahami produk positioning anda lebih baik daripada diri anda sendiri. Jangan berikan popularitas yang menentukan nama tersebut. Nama yang populer belum tentu menjadi nama yang bagus di jangka panjang.

4.  Merek yang Kontroversional

Ketika memilih nama merek, carilah yang nama yang menghentak pasar, jangan malah nemabah kerumunan. Makna harfiah kadang bisa membatasi pertumbuhan dan menunjukkan kurangnya kreativitas

5. Merek Harus Jelas

Merek dengan satu kata adalah yang paling efektif. nama yang kepanjangan dan terdiri dari banyak kata akan mengarah pada singkatan. Ketika orang menyingkat nama merek anda, berati anda kehilangan kontrol terhadap merek anda.

Semoga bermanfaat ya sahabat. Merek indonesia go Internasional

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: